Header AD Image

Dubes Iqbal Berbuka Menu Teri Bengkok Bersama Puluhan Komunitas

Bagikan Artikel
Read Time:2 Minute, 37 Second

Lombok Tengah – Puluhan komunitas pemuda di Lombok adakan diskusi dan buka bersama Lalu Muhamad Iqbal, acara yang bertemakan Akselerasi Komunitas untuk Masa Depan Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut dilaksanakan pada Sabtu, (30/03/24).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh relawan Garda Akselerasi Sasambo (Gass Iqbal), kegiatan itu diadakan di Alun-alun Tastura Praya. Dalam acara itu terdapat lebih dari 80 komunitas yang turut serta untuk berdiskusi langsung dengan salah satu kandidat Gubernur NTB 2024 ini.

Dalam sesi buka bersama, mantan Duta Besar Indonesia untuk Turki periode 2018-2023 itu tak lupa disajikan ikan teri yang menjadi makanan favoritnya sejak kecil.

Menurut Iqbal, ikan teri bukan saja makanan enak. Namun ia menilai ikan kering ini juga memiliki filosofi tersendiri dari perjalanan hidupnya selama ini.

“Ada filosofis bagi saya, bukan hanya sekedar makanan enak yang menjadi favorit saja,” kata Lalu Muhammad Iqbal.

Iqbal bercerita, saat ia masih duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP) ia sempat ragu untuk merantau. Hanya saja, kala itu ia diberikan motivasi oleh kepala sekolahnya agar tidak minder saat merantau.

“Pak Ahmad saat itu menilai kalau saya masih agak ragu, namun beliau mengatakan ndak boleh minder, kita sama seperti orang yang ada diluar sana. Kita sama-sama makan teri bengkok,” ujar Iqbal.

Ketua Asosiasi Diplomat Indonesia ini mengaku kalimat itu pun menjadi kata yang selalu diingat ketika berada di luar daerah. Kalimat itu seolah menjadi pendorong baginya ketika ia mengambil sikap.

“Kalimat itu yang selalu saya ingat. Jadi kita ini sama aja, jadi nggak usah minder. Kalau mereka bisa, kenapa kita tidak bisa. Karena ikan teri itu sama semua. Tidak ada teri yang lurus, pasti ada bengkoknya,” tuturnya.

Sementara itu dalam diskusi yang berlangsung, pria yang akrab disapa Mamiq Iqbal mengaku senang dapat bertukar pikiran dengan para komunitas. Ia mengatakan dari forum ini ia mendapatkan banyak hal yang menjadi pekerjaan pemerintah kedepan.

“Saya memang suka kegiatan seperti ini. Dari dua narasumber saja saya mendengar banyak sekali sektor di mana pemerintah harus hadir tapi tidak mampu hadir,” kata Iqbal.

Iqbal menjelaskan, keberadaan komunitas ini sudah banyak membantu pemerintah saat ini. Salah satunya, yakni menjalankan amanat undang-undang tentang melindungi segenap rakyat Indonesia dan tumpah darahnya.

Hanya saja, Iqbal melihat pemuda saat ini belum mendapatkan perlindungan lebih dari pemerintah. Dengan arus moderenisasi yang masuk saat ini, seperti narkoba dan lainnya lantas siapa yang harus mengatasi hal itu.

“Tapi syukur saja ada teman-teman komunitas ini yang melakukan kegiatan produktif agar teman-temannya tidak tergerus,” ujar Iqbal.

Begitu juga dengan jaminan memberikan kesejahteraan sosial, Iqbal menilai hal itu masih sangat jauh.

Menurut Iqbal, pemerintah harus membuat pengakuan bahwa dia masih belum mampu menyelesaikan masalah ini dengan sendiri.

Oleh karena itu kata Iqbal, pemerintah kedepan harus dapat merangkul pihak non goverment yang menjadi partner berpikir.

“Dan ini (komunitas) yang harus dilibatkan, termasuk saat merancang program kerja juga harus libatkan mereka. Karena yang tau situasi di bawah itu kan dia,” beber Iqbal.

Iqbal menilai, jangan sampai pemerintah hanya membuat perencanaan kerja dengan lingkaran nya saja tanpa mengajak pihak luar. Ia meyakinkan hal itu tak mampu menyelesaikan masalah.

“Jangan kita buat perencanaan pembangunan tapi imajinasi saja. Tapi perlu kita dengerin mereka supaya kebijakan kita ada basis data dari bawah,” katanya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Biografi Lengkap Lalu Muhamad Iqbal, Duta Besar RI untuk Turki
Next post Dubes Iqbal Kian Mantap untuk Maju Pilgub NTB 2024
https://permatajingga.com/ Slot Thailand Situs Slot