Header AD Image

Biografi Lengkap Lalu Muhamad Iqbal, Duta Besar RI untuk Turki

Bagikan Artikel
Read Time:1 Minute, 42 Second

Edisidot.id – Lalu Muhamad Iqbal atau yang akrab juga disapa Mamiq Iqbal lahir di dusun Ketejer Kecamatan Praya, Lombok Tengah pada 10 Juli 1972. Mamiq Iqbal merupakan Putra dari pasangan Drs H Lalu Ma’ruf Misbah dan Ir Alimah.

Dia mengenyam Pendidikan SD dan SMP di Praya. Setelah itu melanjutkan pendidikan di Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Solo, Jawa Tengah pada tahun 1991.

Setamat mondok di Assalam, Mamiq Iqbal melanjutkan studi S-1 dengan mengambil triple degree, diantaranya di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan mengambil jurusan Hubungan Internasional, jurusan Sejarah di Universitas Gajah Mada dan jurusan Arsitektur di Universitas Islam Indonesia. Meski pada akhirnya dia tidak menamatkan jurusan Arsitekturnya ini.

Pada jenjang S-2, Lalu Muhamad Iqbal melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia untuk mendalami jurusan Hubungan Internasional. Terakhir, Mamiq Iqbal menyelesaikan S-3 Ilmu Politik dan Kajian Strategis di Universitas Bucharest, Rumania.

Lalu Muhamad Iqbal juga menyelesaikan beberapa studi non-gelar di Universitas Hiroshima Jepang dan Universitas PBB di Tokyo.

Selama menjabat sebagai seorang diplomat, Lalu Muhamad Iqbal juga pernah ditempatkan di Rumania, Austria dan Turki serta berbagai tugas singkatnya ke 72 negara lainnya.

Pada tahun 2019 Mamiq Iqbal diberkan mandat untuk menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Republik Turki. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Sherpa Indonesia untuk Nuclear Security Summit atau KTT Keamanan Nuklir. Dia juga pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Indonesia untuk Badan Tenaga Atom Dunia.

Saat ini, Lalu Muhamad Iqbal menjabat sebagai Staf Khusus Menteri Luar Negeri bidang Infrastruktur Diplomasi dan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri. Selain itu, ia juga terpilih dalam kongres untuk menjadi Ketua Umum Asosiasi Diplomat Indonesia (ADI) yang pertama pada 2023.

Berbagai penghargaan pernah diterima Mamiq Iqbal, salah satunya adalah sebagai PNS Eselon 2 Terbaik Nasional dari Menpan RB pada tahun 2018.

Sebagai salah satu putra terbaik yang dimiliki Nusa Tenggara Barat saat ini, Lalu Muhamad Iqbal ingin kembali pulang dan mengabdi di kampung halamannya untuk menjadi Gubernur di tanah Gumi Gora, Nusa Tenggara Barat.

Lalu Muhamad Iqbal sering mengatakan bahwa, “Saya ini seorang diplomat yang hanya ingin pulang peririk Gumi Paer NTB”.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
100 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Relawan Kawan Iqbal Buat Surat Terbuka: Pulang dan Mengabdilah untuk NTB
Next post Dubes Iqbal Berbuka Menu Teri Bengkok Bersama Puluhan Komunitas
https://permatajingga.com/ Slot Thailand Situs Slot