Header AD Image

Lalu Muhamad Iqbal Ketua ADI Pertama, Wadahi Diplomat di 132 Negara dan 5 Benua

Bagikan Artikel
Read Time:1 Minute, 12 Second

Edisidot.id – Asosiasi Diplomat Indonesia (ADI) secara resmi berdiri pada 21 Desember 2023 lalu. Asosiasi ini ditetapkan melalui Kongres Pertama Organisasi Profesi Diplomat yang digelar di Kementerian Luar (Kemlu) RI, Jakarta. Dalam kesempatan itu Lalu Muhamad Iqbal selaku Jubir Kemlu terpilih sebagai ketua ADI pertama.

Kongres tersebut dihadiri oleh Wakil Menteri Luar Negeri RI, pejabat eselon 1 dan 2 Kemlu RI, serta sekitar 950 orang Pejabat Fungsional Diplomat yang hadir secara luring maupun daring.

Disamping ketua, Kongres juga menyepakati susunan Dewan Pengurus Inti yang terdiri dari yaitu Mohammad K. Koba sebagai wakil ketua, Spica Tutuhatunewa sebagai wakil ketua II, Acep Somantri sebagai Sekretaris Jenderal dan Tubagus Edwin sebagai Wakil Sekretaris Jenderal.

Saat ini terdapat sekitar 1.860 diplomat Indonesia yang tersebar di Kemlu RI maupun di 132 perwakilan Indonesia di 5 benua.

Asosiasi ini dibentuk sebagai amanah undang-undang bertujuan untuk mengayomi dan meningkatkan kualitas, profesionalisme dan kesejahteraan Diplomat, memberikan advokasi dan menegakkan kode etik dan kode perilaku diplomat.

Asosiasi beranggotakan seluruh Pejabat Fungsional Diplomat yang ada di Kementerian Luar Negeri maupun seluruh Perwakilan Indonesia di luar negeri.

Sementara itu, Wakil Menteri Luar Negeri RI Pahala Mansury mengatakan bahwa profesionalitas diplomat Indonesia juga harus meningkat dengan adanya asosiasi ini.

“Eksistensi serta kontribusi para diplomat dalam memperjuangkan kepentingan nasional sebelum kemerdekaan, di awal kemerdekaan dan saat ini sangat membanggakan. Karena itu diharapkan Asosiasi ini nantinya akan ikut mendorong peningkatan kompetensi serta profesionalitas diplomat Indonesia,” kata Pahala, dikuti Edisidot.id, Minggu (24/03/24).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post RSUD Praya Akan Membuka Unit Khusus Penyakit Jantung dan Stroke
Next post Relawan Kawan Iqbal Buat Surat Terbuka: Pulang dan Mengabdilah untuk NTB
https://permatajingga.com/ Slot Thailand Situs Slot