Header AD Image

Berhasil Pulangkan PMI yang Dianggap Meninggal, Jubir Kemlu Lalu Iqbal: Kami Urus Secara Damai

Bagikan Artikel
Read Time:1 Minute, 53 Second

Lombok Tengah – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) yang diwakili juru bicara Lalu Muhammad Iqbal berhasil memulangkan Pekerja migran Indonesia (PMI) asal Desa Dara Kunci, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur.

PMI bernama Suwinah (44) ini sempat dianggap telah meninggal dunia oleh keluarga karena hilang kontak selama 4 tahun di Malaysia.

Usai menginjakkan kaki di Bandara Internasional, pada Sabtu siang (16/3/24), Suwinah pun tampak meneteskan air mata. Menurutnya apa yang terjadi di Johor Malaysia merupakan pengalaman yang sangat memilukan.

“Saya dituduh menganiaya nenek-nenek yang saya rawat di Johor Malaysia. Padahal waktu itu saya hanya sedang berupaya mengurus nenek tersebut agar mau makan,” kata Suwinah kepada awak media bercerita.

Dikatakan Suwinah, dia memang sempat mengikat tangan nenek yang dirawat. Tindakan tersebut dilakukan karena nenek yang dia rawat menolak untuk diurus. Menurut Suwinah, tindakan itu dilakukan secara sadar karena kesulitan mengurus sang nenek.

“Itu memang salah saya. Saya tidak berniat sedikitpun menganiaya dia,” ucapnya.

Juri Bicara Kementerian Luar Negeri(Jubir Kemenlu) Lalu Muhamad Iqbal membenarkan jika Suwinah sempat hilang kontak di Johor Malaysia. Suwinah kata Iqbal berangkat ke Malaysia sekitar 7 tahun lalu.

“Jadi sudah 7 tahun di Malaysia. Menurut informasi beliau mendapatkan kekerasan di Johor Malaysia oleh majikannya,” kata Iqbal saat menjemput Suwinah di Loby Bandara Internasional Lombok.

Kasus dugaan penganiayaan yang dilakukan oleh majikannya di Malaysia berhembus usai dilaporkan oleh salah seorang tetangga korban usai viral di media sosial Facebook.

“Jadi kasusnya ini murni salah pengertian. Suwinah dituduh menganiaya orang tua majikannya dan dia dituduh menjadi korban kekerasan seperti video yang beredar,” ujar Iqbal.

Menurut Iqbal kasus dugaan penganiayaan Suwinah di Johor Malaysia itu telah diselesaikan secara kekeluargaan antara kementrian luar negeri Indonesia dengan pihak Malaysia. Selain itu, korban dan majikannya juga telah menekan surat perdamaian.

“Kasusnya sudah selesai. Memang Suwinah ini berangkat secara non prosedural terus setalah tiga tahun di Malaysia dia hilang kontak,” ungkap Iqbal.

Menurut Lalu Iqbal, Suwinah sempat dianggap sudah meninggal dunia usai hilang kontak di Malaysia.

“Ya pihak keluarga sudah menganggap korban meninggal dunia karena lama tidak ada kabar,” pungkas Iqbal.

Sebelumnya, sebuah video yang beredar berdurasi 4 menit 29 detik diterima media ini, Suwinah tampak menangis setelah keluar dari ruangan majikannya di Johor Malaysia.

Dalam video itu, rambut Suwinah dicukur sependek sekitar 4 centimeter. Suwinah pun menangis mengaku telah dianiaya oleh majikannya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Jabatan Akan Berkahir, Pathul Bahri Janji Selesaikan Pembangunan Jalan di Lombok Tengah
Next post Chord Sasak Risa Dua – Atas Kembang, Nada Dasar A
https://permatajingga.com/ Slot Thailand Situs Slot