Header AD Image

KKN Universitas Mataram Gelar Sosialisai Tangguh Bencana di Desa Sukadana Lombok Tengah

Bagikan Artikel
Read Time:1 Minute, 12 Second

KKN PMD Universitas Mataram (Unram) Desa Sukadana melakukan Sosialisasi tentang Risiko/Bahaya Kekeringan dan Banjir, pada Selasa (16/1/2024).

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Kantor Desa Sukadana, Kecamatan Pujut ,Kabupaten Lombok Tengah ini, bermaksud memberikan pemahaman tentang sosialisasi Tangguh Bencana kepada masyarakat.

“Sosialisasi ini bermaksud memberikan pemahaman tentang sosialisasi Tangguh Bencana untuk mengenali ancaman dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana di Desa Sukadana,” kata Ryan Ade Rahman, Ketua KKN PMD Universitas Mataram.

Dengan dibentuk sebagai desa tangguh bencana diharapkan desa Sukadana dapat mengalokasikan dana desa untuk program penanggulangan bencana sesuai dengan kebutuhan desa tersebut.

“Oleh karena itu kami mengambil sosialisasi ini sebagai program utama kami,” ungkap Ryan.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan Desa Sukadana, Muridun menuturkan bahwa pihaknya menyampaikan rasa terimakasih atas teselenggaranya sosialisasi Tangguh Bencana ini.

“Dengan adanya sosialisasi ini, kami akan mendorong masyarakat untuk mengambil peran dalam upaya mengurangi resiko bencana yang mungkin terjadi di desa Sukadana,” urainya.

Ditempat yang sama, Lalu Sri Kartanayang selaku pemateri kegiatan mengatakan bahwa pentingnya mengetahui lokasi rawan bencana di desa sebagai bentuk mitigasi awal yang dapat dilakukan oleh masyarakat.

Ia juga menambahkan bahwa sosialisasi tangguh bencana ini juga salah satu bentuk mitigasi awal yang harus sering dilakukan dan sasarannya adalah seluruh masyarakat di desa.

“Semoga dengan adanya sosialisasi ini dapat menambah pengetahuan masyarakat terkait mitigasi bencana dan mampu meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat desa sukadana dalam menghadapi bencana,” tandas Lalu Sri Kartanayang.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Event Bau Nyale Jatuh Pada 29 Februari – 1 Maret 2024
Next post Wabup Lombok Tengah Membuka Secara Resmi Pembekalan Teknis Pelaksanaan APBD 2024