Header AD Image

Event Bau Nyale Jatuh Pada 29 Februari – 1 Maret 2024

Bagikan Artikel
Read Time:1 Minute, 39 Second

Puluhan tokoh adat di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), melaksanakan sidang terbatas Sangkep Warige di Desa Adat Ende, Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

Sidang terbatas Sangkep Warige yang dihadiri tokoh adat dari delapan penjuru mata angin itu untuk menentukan hari pelaksanaan event Bau Nyale di Kuta Mandalika, Lombok Tengah.

“Kami telah menerima secara mufakat hari pelaksanaan Bau Nyale (cacing laut) tanggal 29 Februari 2024 dan 1 Maret 2024,” kata Pimpinan Sidang Sangkep Warige dari Tokoh Adat Lombok Barat, Lalu Agus Fathurrahman, seusai sidang terbatas, Minggu siang (14/1/2024).

Agus menjelaskan penentuan tanggal pelaksanaan Bau Nyale memang melahirkan beberapa pandangan. Namun setelah berdiskusi, akhirnya pelaksanaan Bau Nyale diputuskan.

“Malamnya tanggal 29 Februari atau tanggal 19 bulan Sya’ban dan1 Maret atau tanggal 20 bulan Sya’ban 1445 hijriah,” katanya.

Dalam sidang terbatas tersebut, kata Agus, para ahli tokoh adat telah menyampaikan pandangan terkait pelaksanaan Bau Nyale. Beberapa tokoh berpandangan bahwa Nyale atau jelmaan dari kisah Putri Mandalika itu adalah milik masyarakat Lombok, khususnya di Lombok Tengah.

Sementara, Wakil Bupati Lombok Tengah Nursiah mengatakan telah menandatangani berita acara penetapan pelaksanaan Event Bau Nyale tahun 2024 seusai sidang terbatas Sangkep Warige.

“Kami akan tindak lanjuti. Ini untuk melihat perencanaan anggaran. Dengan asumsi Bau Nyale tahun ini dengan tujuan sukses,” kata Nursiah.

Menurutnya, pelaksanaan Bau Nyale 2024 akan melibatkan semua elemen dan dinas terkait di Lombok Tengah. Tujuannya untuk melakukan persiapan-persiapan agar lebih meriah dari tahun sebelumnya.

“Dengan waktu ini saya kira cukup untuk melakukan persiapan, Insha Allah,” kata Nursiah.

Nursiah mengatakan perayaan Bau Nyale 2024 sama dengan tahun sebelumnya. Selama perayaan, akan dibarengi dengan acara pemilihan putri Mandalika 2024, event Peresean (adu ketangkasan) di Lombok Tengah, dan hiburan serta festival di Kuta Mandalika.

Dalam perencanaannya, pusat pelaksanaan event Bau Nyale akan dilakukan di sempadan Pantai Seger, Kuta Mandalika, Lombok Tengah, di sebelah timur Sirkuit Mandalika. Untuk anggaran event Bau Nyale 2024 juga akan disesuaikan dengan kemampuan daerah Lombok Tengah.

“Sementara kebutuhan anggaran itu nanti dibahas. Ini belum kami bicarakan lebih jauh,” pungkas Nursiah.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Chord Lagu Sasak Lalo Ngayo – Pelita Harapan
Next post KKN Universitas Mataram Gelar Sosialisai Tangguh Bencana di Desa Sukadana Lombok Tengah