Header AD Image

10 Figur Cagub NTB Muncul Jadi Penantang Bang Zul

Bagikan Artikel
Read Time:2 Minute, 44 Second

Sejumlah figur calon gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) NTB 2024 mulai bermunculan. Setidaknya ada 10 figur yang mencuat menjadi penantang Zulkieflimansyah sebagai petahana.

Kemunculan nama-nama figur itu pun bukan tanpa alasan. Masing-masing memiliki modal untuk maju dengan berbagai latar belakang, baik sebagai elite partai hingga kepala daerah yang telah menjabat dua periode.

Adapun figur calon gubernur NTB tersebut ialah, Suhaili FT selaku elite DPD I Partai Golkar NTB. Mantan Bupati Lombok Tengah dua periode ini sebelumnya pernah maju pada Pilgub 2018 berpasangan dengan almarhum Muhammad Amin, namun kalah dengan pasangan Zulkieflimansyah-Sitti Rohmi Djalilah (Zul-Rohmi).

Ada juga nama Sitti Rohmi Djalilah selaku Ketua Dewan Pertimbangan DPW Partai Perindo NTB. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur NTB periode 2018-2023 mendampingi Zulkieflimansyah.

Kemudian ada nama Sukiman Azmy, Sukiman pernah menjabat sebagai Bupati Lombok Timur selama dua periode dan belakangan ia santer diisukan bakal maju sebagai pesaing berat Zulkieflimansyah.

Selanjutnya ada nama Bupati Bima Indah Dhamayanti Putri, Indah baru-baru ini masuk sebagai salah satu dari tiga figur yang bakal dijagokan oleh Partai Golkar pada Pilgub NTB 2024.

Nama Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri muncul sebagai salah satu figur yang kuat. Pasalnya, ia saat ini menjabat sebagai Ketua DPD Partai Gerindra NTB dan sempat menjabat sebagai Wakil Bupati Lombok Tengah periode sebelumnya.

Ada pula nama Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana muncul sebagai penantang baru bagi Zulkieflimansyah pada Pilgub 2024. Selain sebagai kepala daerah, ia juga saat ini menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar NTB.

Selain itu, muncul juga nama Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI Lalu Muhammad Iqbal yang digadang-gadang sebagai penantang kuat calon petahana. Nama Lalu Iqbal mulai mencuat sebagai calon gubernur NTB. Sejumlah spanduk bahkan telah tersebar di berbagai daerah.

Belakangan ini beberapa nama juga mulai bermunculan, seperti Penjabat (Pj) Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi. Ia dinilai pantas karena pernah menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) NTB dan beberapa jabatan strategis di pemerintahan.

Selain itu, muncul juga nama Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) NTB dr Lalu Hermam Mahaputra alias Dokter Jack. Namanya baru-baru ini mencuat sebagai penantang baru bagi Zulkieflimansyah.

Kemudian ada nama Musyafirin, ia adalah kader PDIP yang juga Bupati Sumbawa Barat dua periode. Beberapa waktu yang lalu ia mendapat dorongan dari Ketua DPD PDIP NTB Rachmat Hidayat saat Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) PDIP yang dihadiri ribuan kader se-Pulau Sumbawa.

“Saya kira kalau untuk konteks NTB itu sebenarnya semua figur yang baru muncul ini tinggal sosialisasi saja. Peluang mereka tetap terbuka apalagi dengan spesialisasi (jabatan) mereka saat ini,” katanya kepada media ini via telpon, Selasa (2/1/2024).

Menurut Saipul, munculnya figur-figur baru seperti Dokter Jack dan Lalu Iqbal ini juga akan mampu menjadi solusi bagi masyarakat agar tidak terjebak pada pilihan Zul-Rohmi (Zulkieflimansyah-Sitti Rohmi Djalilah) saja.

Saipul menilai nama-nama figur yang bermunculan ini memiliki modal basis besar. Sebab, tak sedikit di antara mereka merupakan fungsionaris partai hingga kepala daerah aktif yang telah menjabat selama dua periode.

“Nah saya kira dengan munculnya tokoh-tokoh ini, kita harapkan bisa memberikan solusi buat kita. Bukan hanya untuk calon sendiri tapi apa yang bisa memberi kepada masyarakat,” bebernya.

Kendati begitu, Saipul mengatakan nama-nama figur yang muncul masih berpotensi berubah. Bahkan bisa jadi muncul nama-nama figur baru lainnya.

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Warga Desa Montong Ajan Desak Dewan Lombok Tengah Bentuk Pansus Sengketa
Next post Chord Lagu Sasak Lalo Ngayo – Pelita Harapan