Header AD Image

Tingkatkan Layanan, RSUD Praya Review Kinerja Admin Rawat Inap dan Rawat Jalan

Bagikan Artikel
Read Time:1 Minute, 23 Second

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Praya terus mereview kembali kinerja admin rawat inap dan rawat jalan guna untuk meningkatkan layanan kesehatan bagi pasien.

Kabid Pengembangan dan Pengelolaan Sumberdaya (PTSD) RSUD Praya dr. Heni Mardiani mengatakan bahwa, bagian admin merupakan bagian penting dalam meningkatkan pelayanan.

“Nah ada satu bagian yang ternyata nggak kalah penting bagi pasien saat ingin melakukan pemeriksaan, yaitu bagian administrasi rumah sakit,” ujarnya, Rabu (20/12/2023).

“Walaupun terdengar sepele, ternyata bagian administrasi rumah sakit adalah pintu gerbang untuk melakukan pendaftaran dan pengurusan kartu untuk rawat jalan maupun rawat inap,” lanjutnya.

Ia juga menjelaskan bahwa, selain mengurus bagian pendaftaran, bagian administrasi juga bisa mengeluarkan rincian pembiayaan jika pasien membutuhkan gambaran biaya di awal.

Namun kadang, gambaran pembiayaan bisa berubah setelah pasien menjalani perawatan dan pengobatan.

“Selanjutnya, bagian administrasi akan membantu mengarahkan pasien menuju bagian pembayaran atau kasir,” kata dr. Heni.

Maka dari itu, pihaknya kini selalu mengevaluasi kinerja petugas admin, agar pelayanan semakin baik.

Bahkan, jika tidak memenuhi ekspektasi yang diharapkan Rumah Sakit maka pihaknya tidak segan segan untuk melakukan mutasi atau rotasi.

“Ini dasar kami merotasi admin sehingga target target kinerja sesuai standar yang kami lakukan dan standar kinerja yang diberikan BPJS tercapai” ujar dr. Heni.

Seorang bagian administrasi akan bekerja melayani pasien yang datang ke loket administrasi sesuai sub bagian atau divisi rumah sakit.

Selanjutnya, bagian administrasi akan menjembatani komunikasi serta kebutuhan pasien terhadap dokter ataupun perawat.

Oleh karena itu, seorang bagian administrasi harus memiliki jiwa melayani dan tata pengelolaan dokumen yang baik.

“Maka setiap bulan dievaluasi kinerja admin. Kinerja admin terhadap klaim. Harus tepat waktu maka klaim BPJS juga akan lancar. Maka pembayaran insentif petugas akan tetapi lebih baik lagi,” tandas dr. Heni.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post 10 Tahun Hilang Kontak, Lalu Iqbal Pulangkan Eks PMI Ditahan 9 Bulan di Malaysia
Next post Ribuan Miras di Lombok Tengah Dimusnahkan Polisi