Header AD Image

Nama dan Jenis Keris Milik Rider MotoGP Usai Juara di Mandalika

Tiga rider MotoGP Mandalika yang berhasil naik podium di Sirkuit Mandalika mendapatkan hadiah keris pusaka yang dibuat di pulau Lombokok.

Ketiga rider tersebut antara lain Francesco Bagnaia, Maverick Vinales dan Fabio Quartararo.

Budayawan Lombok Lalu Kusnawan mengatakan ketiga keris pusaka yang diberikan kepada tiga rider usai berhasil memenangkan 27 putaran di Sirkuit Mandalika itu dibuat langsung oleh para seniman asal Pulau Lombok.

“Potensi kita besar di NTB. Pas MotoGP ini kita melihat ada celah keris jadi souvernir yang diakui UNESCO sebagai warisan tak benda. Untuk itu kita bekerjasama dengan pengerajin keris ada di Lombok,” kata Kusnawan, Senin (16/10/2023).

Kusnawan menjelaskan keris yang diberikan kepada juara 1 MotoGP Mandalika dari rider Ducati Francesco Bagnaia itu memiliki panjang 42,5 cm.

Baca Juga:BNN NTB Gagalkan Peredaran Narkoba Seberat 1,9 Kilogram

Keris itu dibuat oleh seniman asal Kecamatan Sakra Lombok Timur Lalu Ramdan Sakraji, Rahmad Azhari Sumandar dkk.

Keris yang diberikan kepada Pecco itu kata Kusnawan bernama “Ki Baru Sawo Sidakala” dengan model cerite luk 9 tangkis, sure dan ngulit semangka dengan panjang 42,5 cm.

“Material keris ini dari besi, baja dan pasir besi malela dengan metode tempa lipat,” katanya.

Untuk keris yang diberikan kepada rider Aprilia Maverick Vinales yang sempat viral dengan petuah ‘pinjam dulu seratus’ itu dibuat oleh seniman asal Kecamatan Lingsar Lombok Barat bernama Muhlis, Muhasim dkk.

Keris yang diberikan ke Vinales itu diserahkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bernama “Ki Baru Lomboq Gumi Paer’ berjenis Cacaran Dungkul dengan panjang 40 cm.

Keris ini bermaterial besi, baja, pasir besi malela dan meteorit dibuat dengan metode tempa lipat.

Baca Juga: BNN NTB Gagalkan Peredaran Narkoba Seberat 1,9 Kilogram

Untuk keris terakhir bernama Ki Baru Siwaq Sempurne itu diberikan ke rider Yamaha Fabio Quartararo oleh Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi. Keris itu merupakan karya seniman bernama Muhlis dan M. Hartono dkk asal Kecamatan Lingsar Lombok Barat dengan model Ngulit Semangka.

Kusnawan mengatakan panjang keris terakhir yang diberi ke rider yang dijuluki El Diablo asal Prancis itu sepanjang 47 cm bermaterial besi, baja dan meteorit dibuat dengan metode tempa lipat.

“Semua keris ini sudah memiliki hak cipta yang dibuktikan dengan surat pencatatan ciptaan selama 70 tujuh oleh kementerian Hukum dan HAM,” tandas Kusnawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Chord Gitar Lagu Sasak Bekangen VIRAL di TikTok
Next post Rachmat Hidayat Berikan Orasi Simakrama Kebangsaan di Rakerda Peradah Lombok Barat
https://permatajingga.com/ Slot Thailand Situs Slot