Header AD Image

Mahasiswa Baru Universitas Terbuka di Lombok Tengah Ikuti PKBJJ

Bagikan Artikel
Read Time:3 Minute, 46 Second

Sebanyak 500 lebih Mahasiswa baru Universitas Terbuka (UT) unit Sentra layanan Lombok Tengah, menggelar acara Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ), yang di pusatkan longtun Kopang Kecamatan Kopang, Sabtu (30/9/2023).

PKBJJ merupakan kegiatan yang bertujuan membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keterampilan belajar efektif dalam sistem PTTJJ di UT agar mereka memiliki kesiapan, kepercayaan diri, dan keberhasilan dalam menyelesaikan studinya dengan efektif dan hasil yang baik.

Adapun materi PKBJJ yang dapat dipelajari dan dipraktikkan mahasiswa antara lain:

Penyelenggaraan EKBM, Cara membuat rencana belajar, Cara cepat membaca dan merekam hasil baca, Kiat sukses mengikuti tutorial online, Cara tepat mempersiapkan diri menghadapi UAS, Cara mengakses UT online.

Baca Juga: Bupati Lombok Tengah Akui Telah Tandatangani SK Pemberhentian Kades yang Nyaleg

Wakil Bupati Lombok Tengah Dr. HM. Nursiah mengaku bahagia berada di tengah tengah para pecinta ilmu.

Sebab, dia melihat dari raut muka para mahasiswa yang sudah berkeluarga, tetap semangat ingin terus menuntut ilmu, sehingga hal inilah yang membuat dirinya sangat bahagia.

“Sudah jelas dalam agama kita mengajarkan untuk terus menuntut ilmu, dan apa yang dilakukan oleh adik adik mahasiswa, khususnya yang sudah berkeluarga tetap semangat mau belajar, dan ini melahirkan kebahagiaan bagi saya sendiri,” katanya

Atas semangat tersebut, pihaknya optimis selama menjalankan pendidikan, pastinya semua aturan yang sudah di tetapkan kampus, akan dijalankan.

“Motivasi adik adik untuk terus belajar saya acungkan jempol, untuk itu saya sarankan agar selalu melaksanakan study dengan baik, silahkan laksanakan aturan yang sudah ditetapkan pihak kampus,” pintanya.

Dikatakan, saat ini Lombok Tengah telah menjadi primadona dunia, yang tentunya ini harus disambut dengan kebahagiaan. Minimal sebagai putra putri daerah, harus mampu memanfaatkan kemajuan ini, tentunya harus di isi dengan ilmu pengetahuan, termasuk apa yang dilakukan saat ini, bagian dari usaha dalam menyambut kemajuan Loteng.

“Adik adik mahasiswa adalah harapan masa depan, jadi kemajuan yang di capai saat ini, tentunya itu berkat kebersamaan, jadi mari kita sambut dengan cara mempersiapkan diri dari sekarang,” pintanya.

Baca Juga: Open Turnamen Kades Bajang Bahagia Cup II Sukses Digelar, Wow Hadiahnya Sapi

Selanjutnya, ia ucapkan selamat kepada para adik adik mahasiswa UT, semoga dalam pendidikan pengenalan kampus, pengenalan cara belajar dan yang lainnya, di berikan kemudahan.

“InsyaAllah tidak ada yang namanya terlambat, selama ada niat dan keinginan, InsyaAllah allah pasti bukakan jalan untuk hambanya yang istiqomah dalam belajar,” terangnya.

Sementara itu Pimpinan Sentra layanan UT Lombok Tengah Ismail MPd mengaku, jumlah mahasiswa yang memilih UT sebagai kampus tempat mereka belajar.

“Alhamdulilah semakin banyak. Ini artinya para pecinta ilmu sudah paham akan manfaat tekhnologi di era modern saat ini,” katanya.

Pihaknya mengatakan demikian, sebab belajar di UT Negeri menyuguhkan kemudahan kepada para mahasiswa ataupun mahasiswi.

“Hal tersebut dibuktikan setiap tahunnya selalu bertambah, di samping memberikan kemudahan sistem pendidikan di UT sejalan dengan kemajuan zaman saat ini,” katanya.

Dijelaskan, di era saat ini dengan kemajuan tekhnologi, UT telah sukses mengembangkan pendidikan dengan sistem tekhnologi.

Salah satunya, konsep pendidikan tidak harus bertatap muka, namun bisa memanfaatkan kecanggihan tekhnologi, dengan konsep modul pendidikan, semua mahasiswa bisa belajar lewat On-line.

“Belajar online, itu lebih mudah dan aksesnya tidak terkendala dengan ruang, waktu dan tempat serta bebas memilih skema layanan pendidikan,” terangnya.

Selanjutnya, belajar di UT tidak ada batasan persyaratan usia untuk bisa jadi mahasiswa, tidak ada batasan penyelesaian studi atau pendidikan sepanjang hayat, Terjangkau untuk seluruh lapisan masyarakat, termasuk biayanya mudah.

“Yang jelas, jadi mahasiswa UT, di samping dapat ilmu juga melek dengan IT,” cetusnya.

Baca Juga: Peserta Winter School 2023 Terkesima dengan Desa Ende

Ismail menambahkan, untuk mempermudah pendidikan, mahasiswa juga di siapkan layanan bantuan belajar seperti kuliah atau bimbingan terbuka, ada tutorial berbasis website, kuliah di televisi UT selama 24 jam.

“Yang jelas, mahasiswa diberikan kemudahan dan jadi wisudawan/tu yang siap pakai dan terampil sesuai keahlian,” ungkapnya.

Dikatakan, saat ini UT memiliki kantor cabang dan kantor layanan tersebar di 39 wilayah seIndonesia dan telah menyediakan 4 jenjang pendidikan, mulai dari Diploma IV, Sarjana, Magister dan Doktor.

Untuk Fakultas pendidikan lanjutnya, seperti fakultas ekonomi, hukum sosial dan ilmu politik, sains dan tekhnologi atau MIPA, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan.

Sedangkan untuk prodinya, ada prodi ekonomi pembangunan, ekonomi syari’ah. Untuk hukum dan ilmu politik, ada administrasi bisnis, ilmu hukum, ilmu pemerintahan, ilmu komunikasi, perpustakaan, sosiologi, sastra Inggris bidang minat penerjemah, dan ilmu kearsipan.

Sedangkan sains dan tekhnologi atau MIPA ada prodi statistika, sistem informasi, matematika murni, biologi, tekhnologi pangan, agribisnis dan ilmu perencanaan wilayah dan kota.

Selanjutnya ada Keguruan dan pendidikan prodi PKN, pendidikan ekonomi, pendidikan matematika dan Fisika.

“Yang jelas segala kebutuhan sesuai pasaran, baik masa sekarang dan mendatang, kami di UT sentra layanan Loteng sudah menyediakannya,” tutupnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post NW Siap Dukung Lalu Pathul Bahri Maju Pilgub NTB 2024
Next post Foto Bang Zul Main Pingpong dengan TGB, Pengamat: Tanda Zul-Rohmi Jilid 2