Header AD Image

Riset: Hipertensi Penyebab Kematian Dini Tertinggi di Dunia, Berikut Daftar Lengkapnya

Edisidot.id – Berikut ini adalah beberapa penyakit yang menyebabkan kematian dini tertinggi di dunia, diketahui bahwa darah tinggi atau hipertensi menjadi penyakit teratas penyebab kematian.

Di bawah hipertensi masih ada penyebab kematian lain seperti merokok dan polusi udara yang buruk. Jika anda ingin berumur panjang, sebaknya hindari dua sumber penyakit tersebut.

Riset terbaru menunjukkan, tekanan darah tinggi menjadi penyebab kematian dini tertinggi di dunia. Penyakit ini menyebabkan 10.845.595 kasus kematian.

Sedangkan penyebab utama kematian dini kedua di seluruh dunia, menurut penelitian, adalah merokok dengan 7,7 juta kematian. Kemudian yang ketiga polusi udara dengan 6,7 juta kematian.

Lebih banyak lagi yang hidup dengan penyakit terkait merokok yang melemahkan,” tulis NHS seperti dilansir dari laman Express, Minggu (6/8/2023).

Adapun penyebab kematian keempat dalam studi ini adalah diabetes dengan 6,5 juta kematian. NHS memperingatkan diabetes tipe 2 bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke, dan kerusakan saraf.

Selain itu, masalah kaki seperti luka dan infeksi. Kehilangan penglihatan dan kebutaan, keguguran dan kelahiran mati, masalah dengan ginjal dan masalah seksual. Namun, mengontrol gula darah bisa menurunkan risiko komplikasi.

Sementara penyebab kematian kelima dan seterusnya adalah kegemukan atau obesitas dengan 5 juta kematian, polusi udara luar ruangan 4,5 juta kematian, penggunaan alkohol 2,5 juta kematian, dan polusi udara dalam ruangan 2,3 juta kematian.

Orang yang termasuk dalam kategori obesitas disarankan untuk lebih sering olahraga dan makan lebih sedikit untuk menurunkan berat badan. Penurunan berat badan yang sehat melibatkan penurunan hingga dua pon per minggu dan tidak lebih.

Sementara untuk konsumsi alkohol, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan itu terkait dengan tekanan darah tinggi, stroke, penyakit hati, dan masalah pencernaan.

Faktor terakhir yang berkontribusi terhadap kematian dini di dunia adalah diet tinggi natrium dengan 1,9 juta kematian dan diet rendah biji-bijian tinggi dengan 1,8 juta kematian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Masa Jabat Zul-Rohmi Segera Berakhir, Haji Karman: Sangat Banyak Legacy yang Ditinggalkan
Next post Lalu Daud Nurjadi Gandeng Milenial Bersih-bersih di Depan Bandara Lombok
https://permatajingga.com/ Slot Thailand Situs Slot