Header AD Image

Mahasiswa KKN PMD Unram Ajak Masyarakat Desa Kateng Sulap Sampah Jadi Kerajinan

Mahasiwa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Universitas Mataram (Unram) 2023 menggelar pengolahan limbah plastik menjadi kerajinan di Dusun Kemelong, Desa Kateng, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah.

Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya dalam menyelamatkan lingkungan dan meminimalisir pembuangan sampah sembarangan.

Kegiatan yang telah dilaksanakan sejak tanggal 13-16 juli 2023 ini, kemudian selanjutnya dilakukan praktek langsung kepada masyarakat.

Ketua Kelompok KNN Unram Desa Katen, Rian Riskipati mengungkapkan bahwa, pembuatan kerajinan tangan ini membuat masyarakat nampak sangat antusias.

“Kerajinan ini berbahan dasar limbah plastik dan gelas pop mie serta beberapa jenis sampah lain yang bisa didaur ulang,” kata Rian, Selasa (18/7/2023).

Menurutnya, dalam pembuatan kerajinan tangan ini tidak hanya dibuat dalam satu jenis bunga, melainkan ada 3 (tiga) jenis bunga yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar dari limbah plastik yang hampir sama.

“Tiga jenis bunga tersebut terdiri dari bunga mawar, latulip dan bunga anggrek,” ujarnya.

Dijelaskan, adapun bahan dasar yang di gunakan yaitu gelas bekas pop mie yang dijadikan sebagai pot, bekas sedotan es campur yang berwarna hijau yang di jadikan sebagai daun.

Kemudian untuk plastik sisa yang berwarna hijau yang digunakan sebagai media untuk batang. Selain itu, untuk kabel bekas, itu dijadikan sebagai batang serta bahan pendukung seperti pilok, cat, kawat dan lem tembak.

“Sebai Mahasiswa KKN yang memiliki tema Desa Sehat. Kami juga memiliki tanggung jawab untuk mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan tetap bersih,” imbuhnya.

Hanya saja kata Rian, ada yang paling penting sebenarnya. Bagaimana masyarakat dapat membuat sampah menjadi sebuah kerajinan tangan.

“Yang kemudian bila digeluti dengan baik akan menjadi nilai ekonomis bagi masayarakat itu sendiri,” jelasnya.

Kelompok KKN PMD Desa Kateng itu berharap dengan adanya kegiatan pengolahan limbah plastik ini membantu mengurangi dampak negatif yang di timbulkan dari pembuangan sampah secara sembarangan.

Di sisi lain, mereka juga berharap agar dengan adanya pembuatan kerajinan tangan ini dapat menginspirasi masyarak desa kateng dan sekitar untuk terus menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat.

“Kami percaya bahwa melalui uapaya dan kegiatan yang kami lakukan ini masyarakat dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat serta indah berkat dari kerajinan tangan yang di buat tersebut,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kateng Lalu Syarifuddin menyebut sangat menyambut baik kegiatan tersebut.

Menurut dia, kegiatan yang dilakukan para mahasiswa Unram tersebut baginya sangat bermanfaat.

Selain itu, dia juga menjelaskan bahwa proses pembuatan kerajinan dari barang bekas ini merupakan salah satu solusi untuk menanggulangi sampah di Desa Kateng.

“Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN sangat bermanfaat untuk kebersihan lingkungan sekitar. dan ini dapat diajarkan kepada masyarakat,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post HBK Meninggal Dunia Ketika Kunjungan Kerja di Makassar
Next post Hadir di Mataram, MyRepublic Ekspansi Hingga 37 Kota
https://permatajingga.com/ Slot Thailand Situs Slot