Header AD Image

Dibuka Jalur Baru Rinjani Via Narmada, Pemerintah Lombok Barat Bersiap

Lombok Barat – Sambut wacana pembukaan jalur trekking Gunung Rinjani melalui Narmada Lombok Barat (Lobar), Dinas Pariwisata Lobar tingkatkan sumber daya manusia dengan Pelatihan Pemandu Wisata Gunung di Camping Ground Goa Lawah, Desa Lebah Sempage, Narmada. Pada Jum’at (16/6/23).

Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta dari enam desa di Kecamatan Narmada yakni Desa Pakuan, Lebah Sempage, Sesaot, Buwun Sejati, Suranadi dan Sedau.

Kegiatan yang direncanakan berlangsung hingga tiga hari kedepan ini kemudian mendapatkan apresiasi dari Bupati Lbok Barat H. Fauzan Khalid yang membuka pelatihan tersebut.

“Biasanya jika berkaitan dengan gunung itu membutuhkan pengalaman dan kemampuan teknis lebih, karena itulah kegiatan ini saya rasa sangat penting,” kata Fauzan.

Fauzan kemudian mengungkapkan jika pembukaan jalur pendakian melalui Lobar itu sudah tercetus sejak lama, karena menurutnya jalur ini memiliki nilai sejarah karena merupakan jalur purba yang digunakan oleh orang terdahulu untuk naik ke Gunung Rinjani.

Selain itu faktor jarak menurutnya akan menjadi nilai lebih lainnya yang akan menjadi pertimbangan pendaki untuk memilih jalur pendakian ini.

Dan yang terpenting menurutnya adalah munculnya pertumbuhan ekonomi baru di kawasan Narmada dengan adanya jalur pendakian ini.

“Saya membayangkan kalau pembukaan trek pendakian ke Rinjani itu dari sini akan banyak muncul lagi pertumbuhan ekonomi baru seperti misalnya adanya jasa pemandu, penjual keperluan pendaki hingga penginapan, dan lainnya. Ini sangat menjanjikan,” terang Fauzan.

Untuk peresmian pembukaan jalur pendakian ini sendiri Fauzan berharap bisa rampung di bulan Augustus sekaligus untuk menyambut momen kemerdekaan Indonesia.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Lobar H.M. Fajar Taufik berharap para peserta bisa mengaplikasikan bekal yang diberikan saat pelatihan untuk mendukung keberlangsungan dan keberlanjutan pariwisata trekking pendakian gunung ini.

Jika jalur sudah ada dan perizinan sedang diusahakan, menurutnya satu hal lagi yang perlu dipersiapkan yakni kesiapan sumber daya manusia.

“Sama-sama kita semua, bantu saya, kita harus menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung agar mereka senang di sini dan menghabiskan uangnya di sini,” ujar Taufik.

Camat Narmada, M Busyairi yang juga hadir saat pelatihan untuk memberikan motivasi kepada para peserta terkait pembukaan jalur pendakian melalui Lobar ini.

Satu hal yang ia tekankan jika nantinya pembukaan jalur pendakian ini jangan sampai menimbulkan konflik antar desa.
“Mari kita bersama-sama saling menguatkan, jangan sampai ada konflik antar sesama” pesam Busyairi.

Yang paling penting menurutnya bagaimana menjamin para calon pendaki bisa melalui jalur yang paling mudah diakses, yang paling aman hingga yang jaraknnya paling dekat.

“Entah nanti lewat Pakuan, Lebah Sempage maupun Sesaot, toh ujungnya tetap akan membutuhkan sumber daya dari kita-kita ini,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Ganjar Pranowo Temui Kader dan Simpatisan di Lombok Timur
Chord Lagu Sasak Mudah Next post Chord Sasak Merariq Jari Owat (Sujen Sangkep)
https://permatajingga.com/ Slot Thailand Situs Slot