Header AD Image

Jalur Pendakian Rinjani Via Pakuan Narmada Lombok Barat Akan Dibuka

Bagikan Artikel
Read Time:1 Minute, 17 Second

Lombok Barat – Jalur pendakian Gunung Rinjani melalui Desa Pakuan, Kecamatan Narmada Lombok Barat akan segera dibuka.

Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid mengatakan bahwa rencana membuka jalur Rinjani via Pakuan memang telah dilakukan sejak tahun 2019 lalu.

“Tetapi itu semua kita ditunda dan batalkan karena datang Covid-19 sampai sekarang ini,” kata Fauzan Khalid pada gelaran Jelajah Lingkar Rinjani 2023 di Kawasan Hutan Tahura Nuraksa, Narmada, Minggu (21/5/2023).

“Dan alhamdulillah berkat berbagai usaha semua pihak, usaha untuk membuka jalur pendakian Rinjani via Pakuan ini bisa segera terealisasi dan berhasil,” lanjutnya.

Ia pun menyampaikan saat ini berbagai usaha sedang dilakukan dengan upaya melakukan lobi keberbagai pihak.

Mulai dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, ke Otoritas Gunung Rinjani, ke Kementerian Kehutanan RI. Dan tentunya setelah ini baru secara resmi membuka jalur pendakian Rinjani via Pakuan ini.

“Sekali lagi saya mohon doa mudah-mudahan usaha kita ini berhasil,” harap Fauzan Khalid.

Ia juga meminta kepada masyarakat kalau jalaur pendakia ini jadi diusahakan, agar kedepan dapat dimanfaatkan potensi yang dimiliki untuk kemaslahatan masyarakat Desa Pakuan dan desa sekitarnya.

Sebab baginya jalur pendakian inn begitu, karena dekat dengan kota dan dekat dengan pusat kota Kecamatan di Lombok Barat bahkan dekat dengan Kota Mataram.

Kemudian jarak tempuh jalur Rinjani via Pakuan itu tidak terlalu jauh dibanding dengan jalur selama ini via Lombok Utara, Lombok Tengah maupun Lombok Timur.

“Dari sisi historis jalur kita ini dikenal jalur Anak Agung dulu. Kalau mau ke Rinjani ada jalur semacam jalur keramatlah untuk Umat Hindu. Kemudian belum lagi menyangkut keindahan alamnya,” tandas Fauzan Khalid.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Pengajian Bulanan di Kabupaten Lombok Barat Resmi Dibuka
Next post Pemkab Lombok Tengah ajak Pelaku Wisata Jaga Kebersihan Destinasi Wisata