Header AD Image

Dekat dengan Jokowi, Ganjar Kembali Memimpin Elektabilitas Kandidat Capres, Geser Prabowo

Edisidot.id – Dalam survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukan bahwa Ganjar Pranowo kembali menjadi kandidat dengan elektabilitas tertinggi. Kedekatan Ganjar dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu disebut sebagai salah satu penyebabnya.

Dalam survei terbaru SMRC yang dirilis Sabtu (15/4/23) kemarin, diketahui Ganjar Pranowo berada di posisi teratas dengan elektabilitas 26,8 persen, mengungguli Prabowo Subianto dengan raihan suara 25,4 persen dan Anies Baswedan dengan total suara 16,7 persen.

Dibawah mereka bertiga, muncul Ridwan Kamil dengan raihan suara sebanyak 13,8 persen. Berikutnya ada nama Mahfud MD 4,1 persen dan Agus Harimurti Yudhoyono 2,1 persen. Sisanya sebanyak 11,1 persen pemilih tidak menjawab atau tidak tahu.

Menurut pengamat politik Adi Prayitno, ada tiga faktor yang membuat elektabilitas Ganjar kembali naik. Menurutnya, para pemilih cepat melupakan dan memaafkan Ganjar terkait Indonesia yang gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 bulan lalu.

“Pemilih kita itu kan memorinya pendek, cepat marah tetapi cepat pula memaafkan, cepat pula memilih orang yang sempat dibenci. Banyak kasus banyak kejadian di negara ini, partai, elite ataupun calon itu dibenci dibully tetapi sifatnya sesaat setelah itu publik lupa dan kembali dipilih,” jelas Adi dikutip dalam keterangan tertulisnya, Minggu (16/4/2023).

Adi menambahkan, kemesraan yang ditampilkan Presiden Jokowi dan Ganjar saat seharian berada di Solo, Jawa Tengah beberapa waktu lalu menepis isu keretakan yang terjadi di antara kedua figur tersebut.

Hal itu, kata Adi, menjadi aspek penting yang membuat para pendukung Jokowi kembali memilih Ganjar sebagai penerus Jokowi di 2024 tahun depan.

“Kemesraan Jokowi dan Ganjar tentu jadi variabel yang cukup penting, terutama bagi pendukung Jokowi melihat Ganjar sebagai sosok yang kembali mesra dengan Jokowi dan tidak ada persoalan apapun yang signifikan. Basis loyalis Jokowi itu kembali berbondong-bondong memilih Ganjar Pranowo,” jelas Adi.

Menurut Adi kembalinya suara para pemilih Ganjar juga tak lepas dari sikap tegas Gubernur Jateng itu saat mengeluarkan pernyataan politiknya yang menolak Israel bermain di Piala Dunia U-20 dan dianggap membuat Indonesia batal menjadi tuan rumah.

Keberanian Ganjar untuk bertanggung jawab dan menghadapi protes publik kepadanya, juga dinilai menjadi poin tambah dan membuatnya kembali menerima simpati para pemilih.

“Artinya keberanian menghadapi persoalan yang blunder, persoalan yang dihadapi adalah bagian dari nilai positif yang dimiliki oleh Ganjar. Jadi sebenarnya kegaduhan, bully-bully itu tidak selamanya negatif. Kalau bisa dijelaskan ke publik dengan baik, dihadapi dengan baik, ya secara perlahan masyarakat akan simpati lah,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Chord Babar┬áBile – Lagu Sasak Terbaru
Next post Jelang Lebaran, Dinas Peternakan Lombok Tengah Akan Stabilkan Harga Daging
https://permatajingga.com/ Slot Thailand Situs Slot