Header AD Image

Pelanggaran Lalu Lintas Meningkat, Tilang Manual Kembali Diberlakukan

Bagikan Artikel
Read Time:1 Minute, 9 Second

Mataram – Tilang manual kembali diberlakukan di seluruh Indonesia, termasuk di Nusa Tenggara Barat (NTB), hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda NTB Kombes Djoni Widodo, pada Jumat (14/4/23) lalu.

Kombes Djoni menjelaskan, kebijakan tersebut sesuai dengan arahan Korlantas Markas Besar (Mabes) Polri untuk kembali menerapkan bukti pelanggaran (tilang) manual seperti sebelum-sebelumnya.

“Jadi, kami secara resmi mulai hari ini kembali memberlakukan tilang manual sesuai dengan arahan Kakorlantas di Mabes Polri beberapa hari yang lalu. Ini berlaku di seluruh daerah, bukan hanya NTB,” kata Djoni.

Adapun pertimbangan utama Kakorlantas (Kepala Korps Lalu Lintas) Polri sehingga kembali menerapkan tilang manual, kata dia, karena angka kecelakaan lalu lintas yang cukup tinggi.

Disamping itu juga kurangnya kesadaran pengendara untuk disiplin saat berkendara pun dinilai sebagai salah satu faktor penyebabnya.

Khusus untuk wilayah NTB, masih minimnya kamera pengawas dari perangkat tilang elektronik juga menjadi kendala utama.

Bahkan, di Kota Mataram saja yang notabene sebagai ibu kota peovinsi NTB hanya terdapat lima titik kamera pengawas khusus pelanggar lalu lintas.

“Jadi, memang dipandang tilang manual ini masih efektif untuk menekan kasus pelanggaran lalu lintas,” ucap dia.

Dia meyakinkan bahwa seluruh petugas Satlantas sudah mendapat amanah agar tetap bekerja secara profesional agar penegakan di lapangan menghindari praktik pungutan liar (pungli).

Dalam penerapan tilang manual ini Djoni turut mengharapkan dukungan masyarakat dengan meminta agar tetap mentaati aturan lalu lintas dan berkendara dengan aman dan nyaman.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Kasat Intelkam Polresta Mataram Kompol Refindo Dipromosikan Jadi Wakapolres Lombok Tengah
Next post Piala Bergilir Takbiran di Kelurahan Gerunung Kembali Digelar