Header AD Image

Malam Lailatul Qadar Telah Tiba, Berikut Ini Cara Mendapatkannya

Edisidot.id – Tepat pada hari ini jatuh bersamaan dengan tanggal 21 Ramadhan, dalam ajaran Islam diketahui bahwa pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan juga dikenal dengan malam Lailatul Qadar atau bulan seribu bulan yang penuh dengan pengampunan.

Berdasarkan awal Ramadhan 1444 H yang jatuh pada 23 Maret 2023 lalu, maka malam Lailatul Qadar dimulai pada 11 April 2023 atau 21 Ramadhan 1444 H.

Untuk diketahui, peristiwa penting yang terjadi pada malam ini adalah peristiwa diturunkannya Al-Quran pertama kali oleh Allah SWT dari Lauh Al-Mahfudz ke Baitul Izzah atau langit dunia.

Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Qs. Al Qadr ayat 1 sebagai berikut:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْر

Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam qadar.”

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk meraih keutamaan malam Lailatul Qadar pada malam 10 hari terakhir bulan Ramadhan atau tepatnya di malam ganjil (21, 23, 25, 27, 29 Ramadhan). Hal ini sebagaimana dalam sabdanya,

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْوِتْرِ مِنَ الْعَشْرِ اْلاَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ (رواه البخارى)

Artinya: Carilah olehmu sekalian Lailatul Qadar itu pada witir sepuluh terakhir di bulan Ramadhan (HR. Bukhori).

Dikutip dari laman resmi NU, berikut ini cara mendapatkan malam Lailatul Qadar:

1. Memperbanyak Doa

Kita dapat memperbanyak memanjatkan doa-doa kepada Allah SWT, memohon pengampunan dan maaf kepada Allah SWT, dan meminta kesejahteraan yang berlimpah kepada Allah Swt, sesuai dengan hadits berikut.

Aisyah ra: “Aku berkata, ‘Ya Rasulullah! Apa pendapatmu bila aku menjumpai Lailatul Qadar. Apa yang aku ucapkan di dalamnya? Beliau menjawab, ‘Ucapkanlah doa, ‘Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun. Engkau menyukai pengampunan. Maka ampunilah aku.” (Riwayat lima ahli hadits).

2. Membaca dan Memahami Isi Al-Quran

Cara berikutnya adalah membaca dan memahami isi Al-Quran. Perlu diketahui jika Al-Quran diturunkan pada malam Lailatul Qadar di bulan Ramadhan.

Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan (Lailatul Qadar). Dan tahukah kamu apakah Lailatul Qadar itu? Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan.

Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (Al-Qadr: 1-5).

Dalam membaca dan memahami Al-Quran hendaknya membaca dengan penuh kekhusyukan dan renungan karena Allah SWT memberikan pemahaman kepada makhluk-Nya melalui huruf-huruf dan suara-suara yang terkandung di dalam Al-Quran.

3. I’tikaf

Melakukan ibadah sunah I’tikaf di masjid. I’tikaf adalah kegiatan berdiam di dalam masjid atau mushola dengan niat untuk beribadah atau mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara tertentu sebagaimana telah diatur oleh syariat, guna menghidupkan sepuluh malam terakhir dengan memperbanyak ibadah dan berbagai kegiatan positif lainnya agar mendapatkan malam Lailatul Qadar di bulan Ramadhan.

I’tikaf merupakan salah satu sunnah muakkad, di mana kegiatan ini menjadi kegemaran Rasulullah SAW sampai menjelang wafatnya, sebagaimana yang diceritakan oleh Aisyah ra.

Dari Aisyah, “Rasulullah Saw melakukan i’tikaf pada sepuluh hari-hari akhir bulan Ramadhan sampai beliau meninggal dunia.” (HR. Bukhari dan Muslim).

4. Meningkatkan Iman dan Ibadah

Tentu untuk meraih malam Lailatul Qadar, kita harus menjadi pribadi yang penuh iman dan memperbanyak ibadah kepada Allah SWT. Ibadah yang bisa lakukan tidak terbatas, yang terpenting adalah ikhlas mengamalkannya karena Allah SWT.

Melakukan ibadah di malam Lailatul Qadar akan mendapatkan ganjaran nilainya lebih baik dari seribu bulan, bahkan akan diampuni dosa-dosanya yang lalu, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda,

“Barangsiapa melakukan ibadah pada malam Lailatul Qadar atas dasar keimanan dan keikhlasan maka diampunilah dosanya yang telah lalu.” (HR Bukhari).

5. Membersihkan Diri

Kaum muslim dianjurkan untuk bertekad kuat dan bekerja keras untuk menyambut malam yang penuh kesejahteraan dan persiapan-persiapan yang disunahkan. Menurut Al-Hafizh Ibnu Rajab Al-Hambali, pada malam yang diduga kuat Lailatul Qadar turun, maka disunahkan untuk bersih-bersih diri, memakai wangi-wangian, dan memakai pakaian yang bagus.

Dalam hadits dhaif riwayat Ibnu Abi Ashim diterangkan bahwa Rasulullah SAW, mandi antara waktu magrib dan isya pada sepuluh hari terakhir.

Demikian informasi lengkap mengenai cara mendapatkan malam Lailatul Qadar yang bisa dikerjakan umat Islam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Seorang Ibu yang Gantung Diri di Kopang Ternyata Alami Gangguan Kejiwaan
Next post Pasca Perindo Merapat Koalisi Besar, Muncul Dukungan Prabowo-TGB Untuk Pilpres 2024
https://permatajingga.com/ Slot Thailand Situs Slot