Header AD Image

THR Hanya Cair 50 Persen, Alasannya Ada Perlambatan Ekonomi Global

Bagikan Artikel
Read Time:1 Minute, 6 Second

Edisidot.id – Pemerintah telah menetapkan pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 bagi karyawan, aparatur sipil negara, termasuk TNI dan Polri melalui PP No.15 /2023.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjelaskan bahwa pencairan THR direncanakan akan cair mulai dari H-10 Idul Fitri, sementara gaji ke-13 akan dilaksanakan bulan Juni 2023.

Menkeu menegaskan komponen THR yang diberikan adalah gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan, serta tunjangan kinerja per bulan. Namun, dia mengungkapkan tunjangan kinerja per bulan diberikan hanya 50%.

Besaran ini, kata Sri Mulyani, disesuaikan dengan tantangan dan kondisi saat ini, menurutnya Indonesia masih menghadapi tantangan global yang sangat tidak pasti terutama dalam bentuk perlambatan ekonomi global, kondisi geopolitik yang mempengaruhi kondisi ekonomi, dan tren kebijakan moneter untuk menangani inflasi yang cenderung tetap.

“Maka kebijakan pemberian THR dan gaji ke-13 disesuaikan dengan tantangan dan kondisi saat ini,” ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers, Rabu (29/3/2023).

Adapun untuk perhitungan THR dan gaji ke-13 untuk tahun 2023 adalah sebagi berikut:

Gaji/pensiun pokok + tunjangan yang melekat pada gaji/pensiun pokok (tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan struktural/fungsional/umum) + 50% tunjangan kinerja per bulan atau paling banyak 50% tambahan penghasilan (untuk Pemda).5

50% tunjangan profesi guru serta 50% tunjangan profesi dosen (bagi guru dan dosen yang tidak mendapatkan tunjangan kinerja/tambahan penghasilan).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post HP Curian Sempat Berpindah Tangan Hingga 4 Kali, Pencurinya Tertangkap Juga
Next post Tenaga Honorer Dipastikan Tidak Mendapat THR Tahun Ini