Header AD Image

Arab Saudi Pastikan 1 Ramadhan Jatuh Hari Kamis

Bagikan Artikel
Read Time:1 Minute, 20 Second

Mataram – Arab Saudi telah menetapkan tanggal 1 Ramadan 1444 H atau hari pertama puasa umat muslim akan jatuh pada hari Kamis (23/3/23) besok.

Pada senin (21/3/23) malam waktu setempat, Mahkamah Agung Saudi memutuskan bahwa bulan Syaban akan berakhir pada hari ini, Rabu (22/3/23).

Sebelumnya Kantor berita Saudi Press Agency (SPA) telah berkordinasi dengan pihak berwenang untuk meminta warga melihat bulan sabit (hilal) yang menandai dimulainya Ramadan, namun tidak ada satupun laporan warga yang melihatnya.

Sementara negara-negara mayoritas Islam yang beraliran Sunni lainnya seperti Mesir dan Qatar hingga Palestina juga telah mengumumkan bahwa tanggal 1 Ramadan akan dimulai pada Kamis.

Sementara itu, pemerintah Yordania, Aljazair, Maroko, hingga Indonesia baru akan memutuskan tanggal 1 Ramadan hari ini.

Dikutip dari AFP, penetapan tanggal 1 Ramadan, bulan suci umat Islam, memang ditentukan oleh perhitungan bulan (hisab) dan penampakan fisiknya (hilal).

Itulah sebabnya, seringkali penetapan bulan baru dalam Islam terutama 1 Ramadan berbeda antara satu negara dengan negara lainnya.

Selama bulan Ramadan, pemerintah Saudi menerapkan sejumlah aturan baru, di mana ibadah puasa dipatuhi secara ketat di negara itu.

Salah satu aturan ketat itu yakni kebijakan restoran dan tempat makan lainnya harus tutup hingga waktu berbuka puasa tiba selama Ramadan.

Di Indonesia sendiri, penetapan 1 Ramadahan akan ditetapkan secara resmi melalui Kementerian Agama (Kemenag).

Kemenag akan menggelar sidang Isbat pada hari ini di Auditorium H.M Rasjidi Kantor Kemenag mulai pukul 17.00 WIB.

Sidang tersebut akan dipimpin oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dan dihadiri duta besar negara-negara sahabat, Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia, dan hingga Badan Informasi Geospasial (BIG).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Keseruan Tradisi Perang Api di Mataram, Sambut Hari Raya Nyepi
Next post 1 Ramadhan 1444 H Akan Ditetapkan Setelah Sidang Isbat Nanti Malam