Header AD Image

1 Ramadhan 1444 H Akan Ditetapkan Setelah Sidang Isbat Nanti Malam

Mataram – Pemerintah akan menetapkan 1 Ramadhan 1444 H melalui Sidang Isbat Kementerian Agama (Kemenag) yang akan digelar hari ini.

Sidang Isbat tersebut rencananya akan dilaksanakan pada Rabu (22/3/2023) sekitar pukul 18.15 WIB di Kantor Kemenag, Jakarta Pusat.

Dalam sidang Isbat ini akan mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil penglihatan lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Pada kesempatan tersebut, Sidang akan diikuti oleh pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI), perwakilan Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), duta besar negara-negara sahabat, ormas Islam, hingga Badan Informasi Geospasial (BIG).

Kemenag sendiri telah menetapkan 124 titik lokasi rukyatul hilal di seluruh Indonesia. Mengingat pembagian waktu di Indonesia yang terbagi tiga.

Berdasarkan informasi yang tertera pada situs resmi Kemenag.go.id diketahui bahwa Sidang Isbat akan dinagi dalam tiga tahapan.

Tahap pertama yang digelar Kemenag adalah seminar pemaparan posisi hilal awal Ramadan berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronom.

Seminar mengenai posisi hilal akan dilaksanakan pada pukul 17.00 WIB. Seminar ini dibuka untuk masyarakat umum dan dipaparkan oleh Tim Hisab Rukyat Kemenag.

Tahapan kedua yakni Sidang Isbat yang akan digelar pada pukul 18.15 WIB. Sidang bakal digelar secara tertutup.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas akan memimpin sidang secara langsung, yang akan membahas data hisab termasuk hasil rukyatul hilal di 124 titik di seluruh Indonesia.

Tahap ketiga yakni pelaksanaan konferensi pers. Konferensi pers penetapan 1 Ramadan 1444 H bakal digelar sekitar pukul 19.05 WIB.

Sidang Isbat merupakan sidang yang digelar oleh pemerintah untuk menentukan awal bulan Ramadhan.

Selain digunakan untuk menetapkan awal puasa, Sidang Isbat juga digelar untuk menentukan awal bulan Hijriah seperti Idul Fitri dan Idul Adha.

Sidang Isbat dilaksanakan mengacu pada hasil rukyatul hilal yang dilaksanakan di ratusan titik di seluruh Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Arab Saudi Pastikan 1 Ramadhan Jatuh Hari Kamis
Next post Riset: Puasa Dapat Mengurangi Stres dan Memperpanjang Usia
https://permatajingga.com/ Slot Thailand Situs Slot