Header AD Image

Seluruh Ormas Islam di Indonesia Tolak Kedatangan Timnas Israel Karena Dianggap Penjajah

Bagikan Artikel
Read Time:1 Minute, 20 Second

Edisidot.id – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Sudarnoto Abdul Hakim, menjelaskan bahwa semua ormas Islam di Indonesia kompak menolak kehadiran Timnas Israel U-20 untuk berlaga dalam piala dunia U-20 karena bertentangan dengan Undang-Undang Dasar (UUD) 45.

Sudarnoto menyatakan, keputusan ini sesuai kesepakatan pertemuan antara MUI dengan ormas-ormas Islam di seluruh Indonesia.

“Semua ormas Islam yang hadir menyatakan sikap menolak kehadiran timnas Israel,” kata Sudarnoto, dikutip Edisi Sabtu (18/3/23).

Sudarto menjelaskan, terdapat empat alasan MUI bersama seluruh ormas Islam Indonesia menolak kedatangan timnas Israel U20 tersebut.

Pertama kata dia, ini berkaitan dengan amanah konstitusi yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 yang menjelaskan bahwa segala bentuk penjajahan di muka bumi harus dihapuskan.

Bahkan menurutnya, amanah konstitusi ini yang menjadi dasar utama penolakan timnas Israel untuk datang ke Indonesia dalam ajang piala dunia U-20 tersebut.

“Zionis Israel adalah penjahat dan penjajah, khususnya terhadap rakyat Palestina,” ujarnya.

Alasan kedua berkaitan dengan hubungan diplomatik. Menurutnya, sejak merdeka Indonesia tidak mempunyai hubungan diplomatik dengan Israel dan tidak akan pernah membuka hubungan diplomatik sepanjang Palestina masih dijajah.

Alasan ketiga berkaitan dengan solidaritas. Ormas Islam dan MUI tetap memperkuat solidaritas kepada rakyat dan bangsa Palestina yang selama ini menjadi korban dari agresi, aneksasi, genosida dan politik apartheid Israel.

Sementara alasan keempat, persatuan dan kesatuan bangsa harus dirawat, diperkuat dan dilindungi dari ancaman disintegrasi yang diakibatkan oleh kontroversi dan pro-kontra yang dibiarkan seputar timnas Israel.

Timnas Israel lolos qualifikasu dalam ajang Piala Dunia U-20 2023, dan Indonesia bertindak sebagai tuan rumahnya. Piala Dunia U-20 sendiri akan berlangsung pada tanggal 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fahri Hamzah: Seluruh DPR RI Dapil NTB Tidak Punya Taring, Hanya Sibuk Bagi Bansos dan Pencitraan Previous post Fahri Hamzah: Seluruh DPR RI Dapil NTB Tidak Punya Taring, Hanya Sibuk Bagi Bansos dan Pencitraan
Sorang Ayah di Lombok Tengah Tega Aniaya Anak Kandungnya, Hingga Direndam di Kolam Ikan Next post Seorang Ayah di Lombok Tengah Tega Aniaya Anak Kandungnya Hingga Direndam di Kolam Ikan