Header AD Image

Sultan Jogja: Gunung Merapi Meletus Akibat Dirusak Tambang Pasir

Bagikan Artikel
Read Time:1 Minute, 10 Second

Edisidot.id – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono ke X (HB X) menjelaskan bahwa Gunung Merapi meletus akibat dirusak untuk tambang pasir.Sri Sultan Hamengkubuwono ke-X

Menurut Siltan HB X, Letusan kali ini tidak akan seperti pada 2010 lagi karena letusan kali ini hanya untuk menutupi lubang sisa galian tambang.

“Merapi itu ya erupsi begitu saja enggak akan meletus seperti dulu yang penting ngebaki (memenuhi) sik (yang) dirusak karena ditambang gitu saja,” ujar HB X, Sabtu (11/3/2023).

Sultan juga menambahkan jika lubang-lubang akibat tambang pasir di Gunung Merapi sudah tertutup material vulkanik, barulah erupsinya akan berhenti.

“Nanti kalau yang berlobang-lobang itu sudah tertutup kan berhenti sendiri. Memang itu perlu lama karena tidak hanya di atas dan di bawah juga berlobang,” jelasnya.

Kondisi ini membuatnya akan menutup tambang-tambang warga, sebelumnya sebagian tambang milik warga sudah dilakukan penutupan dengan cara ditutup dan ditanami rumput.

Agar warga tak kembali menambang lagi kawasan Merapi, Sultan berencana mengubah tambang menjadi kawasan pertanian dan peternakan.

“Ada yang bikin keju ada yang ditanami kopi kan gitu, supaya mereka punya pendapatan dari produk di sektor pertanian supaya tidak nambang lagi,” jelasnya.

Lebih lanjut menurut Sultan, Gunung Merapi hanya akan menyeburkan erupsi di kawasan tambang, yakni sekitar satu hingga dua kilo meter saja.

“Biasanya kan empat tahun kalau meletus. Sekarang memang harus keluar ya memang nyembur tapi ya hanya satu kilo dua kilo karena yang ditambang kan sekitar situ,” pungkasnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post 4 Desa Wisata dengan Hasil Kerajinan Paling Terkenal di Pulau Lombok
Next post Kejati NTB Siapkan Calon Tersangka Dugaan Korupsi Tambang Pasir Besi