Header AD Image
PDI Perjuangan NTB

Kader PDI Perjuangan NTB Ziarah ke Makam Bung Karno, Gaungkan Semangat dan Nilai Juang Kepahlawanan

Bagikan Artikel
Read Time:1 Minute, 36 Second

Mataram – DPD PDI Perjuangan Provinsi NTB melakukan ziarah ke makam Soekarno, Presiden pertama Indonesia, di Blitar, Jawa Timur.

Ziarah yang berlangsung pada Jumat (10/3) kemarin itu, di ikuti setidaknya sebanyak 150 kader partai dari 10 pengurus cabang fraksi DPRD Kabupaten dan Kota DPD PDIP di NTB.

Ketua DPD PDI Perjuangan NTB, Rachmat Hidayat mengatakan, bahwa kegiatan ziarah makam tersebut merupakan sarana untuk menanamkan semangat dan nilai juang kepahlawanan pada para kader partai.

Menurutnya, nilai kepahlawanan bukan bentuk pasif dari tradisi, melainkan proses aktualisasi yang dinamis dalam interaksi sejarah yang panjang.

“Jadi kegiatan ziarah makam Bung Karno ini adalah proses interaksi menjadikan eksistensi mengajarkan kader partai untuk meneladani semangat dan perjuangan para pahlawan,” kata Rachmat Hidayat, Sabtu (11/3/2023).

Ia pun menegaskan bahwa era globalisasi saat ini merupakan tantangan sekaligus ancaman untuk eksistensi sebuah bangsa.

Oleh karena itu, respon positif merupakan kekuatan agar tidak mengubur identitas dan segala potensi bangsa harus diperkuat.

“Salah satu caranya adalah melalui kegiatan ziarah makam Bung Karno, dan KH.Hasyim Asy’ari yang dikenal sebagai seorang ulama besar bergelar pahlawan nasional,” ujar Anggota DPR RI dapil Pulau Lombok ini.

Disisi lain, Politisi kharismatik Bumi Gora itu juga menegaskan, bahwa ziarah makam Bung Karno juga dapat dimaknai sebagai penyambung semangat jelang pemilihan umum pada 2024 mendatang.

Baginya, internalisasi dalam mendalami nilai ajaran Bung Karno, ikrar setia, dan semangat Bung Karno, sebagai guru besar bangsa harus terus digelorakan dalam semangat kegotong royongan.

Dengan demikian, para kader harus terus membela wong cilik dengan berbagai program dan kegiatan yang mampu mengangkat derajat dan martabat masyarakat miskin.

“Dengan ziarah makam ke para tokoh bangsa ini diharapkan munculnya pemahaman yang utuh dalam menghayati inti sari pemikiran para Guru Bangsa seperti Bung Karno,” kata Rachmat Hidayat.

Ia pun mengajak seluruh kader Partai PDIP khususnya di NTB untuk tetap membumikan ajaran Soekarno.

” Sebab slogan ini kerap disampaikan oleh Ibu Ketua Umum PDI Perjuangan (Megawati Soekarno Putri) dalam memotivasi para kader,” pungkas Rachmat Hidayat.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Air Terjun Elong Tune Desa Lantan Lombok Tengah Previous post Jalan-jalan ke Air Terjun Elong Tune Desa Lantan Lombok Tengah
Jalan Penghubung Desa di Lombok Tengah Rusak Parah, Warga Ancam Pagar Jalan Next post Jalan Penghubung di Desa Sengkol Lombok Tengah Rusak Parah, Warga Ancam Pagar Jalan