Header AD Image

Peyidikan Kasus Dugaan Korupsi RSUD Lombok Utara Dihentikan

Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Barat (NTB) akhirnya menghentikan penyidikan atas kasus dugaan korupsi proyek penambahan IGD RSUD Kabupaten Lombok Utara tahun 2019 yang menyeret wakil bupati berinisial DKF.

Penyidikan dihentikan karena terbukti unsur kerugian negara tidak terpenuhi setelah dilakukan audit kedua terhadap pengadaan item material lantai granit.

Pada audit pertama yang dilakukan Inspektorat Lombok Utara menemukan kerugian negara sedikitnya Rp 700 juta, namun dalam audit kedua oleh Inspektorat Nusa Tenggara Barat teryata dianulir menjadi Rp 242 juta.

Asisten Pidana Khusus Kejati NTB, Ely Rahmawati telah membenarkan penghentian perkara korupsi yang menyeret 5 tersangka dengan salah seorang di antaranya Wakil Bupati Lombok Utara berinisial DKF.

“Jadi perkara korupsi IGD RSUD Lombok Utara sudah kami hentikan. Sudah ada surat perintah penghentian penyidikan (SP3),” kata Ely. Jumat (03/03/23).

Pihaknya menyampaikan pertimbangan kejaksaan menghentikan perkara tersebut karena unsur-unsur pasal pidana kepada para tersangka, khususnya soal kerugian negara tidak terpenuhi.

“Jadi, hasil audit kedua itu tidak ada kerugian negara,” ujarnya.

Ely mengakui bahwa hasil audit kedua Inspektorat Nusa Tenggara Barat yang dirilis ternyata tidak ditemukan kerugian negara seperti dalam rilisan pertama.

Dugaan korupsi muncul setelah pemerintah memutus kontrak proyek di tengah progres pengerjaan. Hal tersebut dikuatkan dengan adanya kerugian negara hasil hitung awal dari Inspektorat Lombok Utara.

Modus korupsi dari kasus ini berkaitan dengan pekerjaan proyek yang dinyatakan selesai meskipun masih ada dugaan kekurangan volume pekerjaan. Angka kerugian negara itu muncul dari dugaan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Angkat Tradisi Beseru, Mandalika Art Pemerkan 25 Karya Perupa NTB Previous post Angkat Tradisi Beseru, Mandalika Art Pemerkan 25 Karya Perupa NTB
Next post Komunitas Sepeda Adakan Gowes Amal untuk 1500 Guru di Lombok Utara
https://permatajingga.com/ Slot Thailand Situs Slot