Header AD Image

Kamu Kecanduan Main Handphone ? Hati-Hati Itu Tanda Orang Depresi

Bagikan Artikel
Read Time:1 Minute, 36 Second

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Adolescent Health menemukan bahwa ketergantungan seseorang terhadap handphone merupakan tanda ia mengalami kesepian dan depresi.

Penelitian yang dilakukan dengan melibatkan 346 orang dewasa dengan rentang usia 17-20 tahun ini menjawab berbagai pertanyaan terkait kebiasaan main gadget dan kesehatan mental mereka. Peneliti memberi skala 1-4 untuk menjelaskan kadar kecanduan, seperti misalnya menanggapi kalimat “Aku panik jika tak bisa menemukan handphone-ku.” dan lain sebagainya.

Hasilnya, mereka yang ketergantungan memakai smartphone merupakan orang-orang kesepian, sebagian juga menunjukkan gejala-gejala depresi. Kebanyakan mereka yang merasa kesepian juga cenderung menghabiskan waktu dengan smartphone-nya dibanding orang-orang sekitarnya.

Sebuah penelitian lainnya juga menyatakan bahwa orang yang kecanduan smartphone lebih cenderung merasa tertekan, cemas dan kesepian. Para peneliti mengatakan bahwa penggunaan smartphone secara berlebihan sama seperti jenis penyalahgunaan zat lainnya.

“Kecanduan perilaku penggunaan smartphone mulai membentuk koneksi neurologis di otak dengan cara yang mirip dengan bagaimana kecanduan yang dialami oleh orang yang memakai Oxycontin untuk menghilangkan rasa sakit,” kata Erik Peper, Peneliti di Fransisco Statse, AS.

Dalam sebuah survei terhadap 135 siswa, para peneliti menemukan bahwa siswa yang sering menggunakan ponsel mereka paling banyak dilaporkan mengalami tingkat perasaan terisolasi, kesepian, depresi dan cemas yang lebih tinggi.

Meski demikian, menurut Peper, kita dapat mengendalikan dan melatih diri kita sendiri untuk mengurangi kecanduan ponsel dan komputer. Peper menyarankan agar kita mematikan notifikasi, hanya menanggapi email dan media sosial pada waktu tertentu agar tetap bisa fokus pada tugas-tugas penting saja.

Sementara itu Dr. Ana Lembke, seorang psikiater dari Stanfod University menerangkan, ada beberapa perilaku yang bisa kamu perhatikan agar bisa mengetahui apakah seseorang (termasuk kamu) telah kecanduan ponsel atau tidak.

Pertama terlalu lama menggunakan handphone dalam keseharian dan menggunakannya tanpa mengenal waktu dan tempat. Kedua, Melupakan pekerjaan lain yang lebih penting untuk dislesaikan, bahkan jika tidak menggunakannya akan menimbulkan rasa cemas pada diri sendiri. Ketiga, yang seringkali terjadi di masyarakat kita adalah menggunakan handphone saat dikondisi canggung dengan sekitar.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Suskeskan WSBK, APTA NTB Adakan Focus Group Discussion
Next post Warga Desa Kabul Kembali Geruduk Kantor Desa, Tuntut Transparansi Anggaran