Header AD Image

Mengapa Anak Masuk SD Harus Usia 7 Tahun?

Menurut Permendikbud Nomor 44 tahun 2019, usia anak untuk masuk Sekolah Dasar yang ideal adalah 7 hingga 12 tahun. Ada beberapa alasan yang mendasari hal itu, berikut penjelesannya.

1. Aspek Psikologis
Ketika anak memasuki usia 7 tahun, secara psikologis kemampuan konsentrasi anak telah meningkat. Jadi mereka dapat membedakan mana hal yang harus diperhatikan mana yang tidak.

2. Aspek Kognitif
Saat anak berada di taman kanak-kanak, biasanya mereka sudah dibekali dengan kemampuan membaca, menulis, hingga berhitung sederhana. Sehingga ketika anak berusia 7 tahun mereka sudah siap masuk SD.

3. Aspek Fisik
Anak usia 7 tahun memiliki otot dan syaraf yang sudah terbentuk. Hal tersebut membuat mereka sudah siap untuk belajar di sekolah dari pagi hingga siang. Mereka juga sudah bisa menggunakan alat tulis tanpa harus dibantu guru.

4. Aspek Emosi
Saat mencapai usia 7 tahun, anak dinilai memiliki emosi yang sudah cukup matang bila dibandingkan saat mereka di taman kanak-kanak. Mereka akan bisa lebih mandiri, mampu membedakan kapan mereka harus bermain, dan kapan harus belajar serta mengerjakan tugas yang diberikan guru.

5. Aspek Mandiri
Mungkin anak-anak akan terlihat manja kepada orangtua mereka, namun saat usianya sudah 7 tahun anak akan lebih mandiri hal tersebut dibuktikan dari anak yang bisa melakukan kegiatannya sendiri seperti mandi, memakai baju, menata tempat tidur bahkan makan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Razia Balap Liar di Lombok Barat, Polisi Amankan 4 Unit Motor Diduga untuk Balapan Previous post Razia Balap Liar di Lombok Barat, Polisi Amankan 4 Unit Motor Diduga untuk Balapan
Next post Juara Umum, Kota Mataram Pecahkan Rekor Mendali Emas Porprov NTB
https://permatajingga.com/ Slot Thailand Situs Slot