Header AD Image

Puluhan Kapal Pesiar Akan Sandar di Pelabuhan Gili Mas Lombok Barat Tahun Ini

Bagikan Artikel

Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat (Lobar) memperkirakan akan ada 30 kapal pesiar yang sandar di Pelabuhan Gili Mas Lembar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) Tahun ini. Sedangkan tahun lalu hanya ada 5 kapal pesiar.

“Tahun lalu, ada 5 kapal pesiar yang sandar di Pelabuhan Gili Mas Lembar. Kemudian untuk 2023 ini, akan ada 30 kapal pesiar sandar di Pelabuhan Gili Mas. Insyaallah semua terkoneksi dengan desa wisata,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Lobar, M. Fajar Taufik.

Fajar menjelaskan rata-rata setiap kapal pesiar membawa sebanyak 1.000 wisatawan mancanegara. Tahun lalu, hanya ada satu kapal pesiar yang membawa wisatawan sebanyak 780 orang.

Sementara pada tahu 2023 ini ada satu kapal pesiar terbesar yang akan sandar di Pelabuhan Gili Mas. Kapal pesiar itu memiliki panjang lebih dari 350 meter dengan 17 tingkat. Jumlah wisatawan yang akan dibawa diperkirakan sebanyak 3.000 orang.

Tahun lalu, rata-rata durasi kapal pesiar yang sandar selama 5-8 jam. Tahun ini, ada yang akan sandar sampai 11 jam. Sehingga para tamu kapal pesiar akan mengunjungi sejumlah destinasi yang ada di Lombok Barat khsusnya.

“Memang saat ini, wisatawan kapal pesiar belum bisa turun ke Gili Mas karena belum ada direct flight ke Eropa. Itu salah satu syaratnya,” terang Fajar.

Fajar menyatakan perputaran uang dari wisatawan kapal pesiar yang berkunjung ke desa-desa wisata cukup besar. Apabila satu wisatawan belanja produk UMKM lokal minimal Rp1 juta per orang, maka setiap kunjungan kapal pesiar, jumlah transaksi bisa mencapai miliaran rupiah.

Untuk itu, pihaknya akan berkolaborasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindah) serta Dinas Koperasi dan UMKM menyiapkan IKM dan UKM, agar dapat menyiapkan booth di Pelabuhan Gili Mas.

“Di samping itu, kami juga meminta desa wisata yang dikunjungi untuk menyiapkan produk yang ada di desa wisata masing-masing,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Suasana Haru Selimuti Prosesi Pemakaman Korban Gempa Tukri Irma Lestari di Lombok Barat Previous post Suasana Haru Selimuti Prosesi Pemakaman Korban Gempa Tukri Irma Lestari di Lombok Barat
Next post Mario si Anak Pejabat Pajak : Ga Takut Gue Anak Orang Mati, Lapor Sana Lapor !
https://permatajingga.com/ Slot Thailand Situs Slot